Kamis, 20 November 2008

Kamis, 20/11/2008 23:12 WIB

Jalan Donovan Kembali ke Eropa Terbuka
Arya Perdhana - detiksport


AFP/Victor Decolongon
Munich - Mimpi Landon Donovan untuk kembali berkiprah di belantara sepakbola Eropa terkuak kembali. Penyerang Amerika Serikat itu akan dipinjam Bayern Munich per Januari 2009.

Munich memutuskan akan meminjam Donovan hingga pertengahan Maret 2009 atau bahkan hingga akhir musim ini. Demikian dilansir situs resmi Munich dan dikutip Reuters.

Donovan yang baru saja merebut gelar Pemain Terbaik AS untuk kali kelima, tengah menjalani latihan bersama Munich selama 10 hari mulai pekan lalu. Ternyata, performa pria berusia 26 tahun itu cukup mengesankan Juergen Klinsmann.

"Tujuan (peminjaman) itu adalah untuk mengetahui apakah kami bisa mengikatnya untuk jangka panjang, setidaknya hingga akhir musim ini," ujar pelatih Munich tersebut kepada situs klub.

Donovan adalah pencetak gol terbanyak Major League Soccer (MLS) musim ini dengan 20 gol dari 25 pertandingan yang dijalaninya bersama Los Angeles Galaxy.

Sebelumnya, Donovan juga sudah pernah merintis karir di Eropa pada tahun 1999. Kala itu berusia 16 tahun, Donovan bergabung bersama Bayer Leverkusen tapi tak pernah dimainkan. Tahun 2001, Donovan pulang kampung dan membela San Jose Earthquakes.

Pemain yang bisa tampil sebagai penyerang dan gelandang serang itu mencoba kembali peruntungannya, lagi-lagi bersama Leverkusen tahun 2005. Donovan malah merasa homesick dan akhirnya bergabung dengan Galaxy.

( arp / key )

Baca juga:

Tidak ada komentar: